Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

Apa itu Cover Letter?

Cover Letter merupakan semacam surat pengantar yang harus dan wajib disertakan saat kamu mengirim CV dan/atau resume, kecuali perusahaan secara spesifik meminta untuk tidak mencantumkan cover letter.


Bagaimana bentuk dan isi dari cover letter? 

Sesuai namanya, cover letter berbentuk seperti halnya surat lain. Isi dari cover letter harus menyertakan hal-hal seperti berikut:
  1. Perkenalan diri
  2. Posisi atau jabatan yang sedang dilamar
  3. Deskripsi ketrampilan dan keahlian diri yang sesuai dengan posisi atau jabatan yang dibutuhkan
  4. Sesuatu yang menarik pihak penyeleksi agar mau membaca resume kamu
  5. Akhiri dengan ucapan terimakasih dan harapan untuk dipanggil wawancara
Cover Letter merupakan rangkuman dari CV dan resume yang terlampir, jangan menulisnya lebih dari satu lembar. Selalu pastikan tata bahasa dalam cover letter mu juga sempurna. Jangan sampai ada typo atau salah menyebutkan nama karena perusahaan akan cenderung menilai kamu sebagai orang yang tidak teliti.

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

Cover Letter

Siti Rachmawati Jihan
Makassar, Sulawesi Selatan
0823-9909-1123
St.rahmajihan@gmail.com

Dengan hormat,

Bersama ini saya menyampaikan kepada bapak/ibu pimpinan, tentang minat saya untuk posisi yang saya sebut di atas. Saya melihat iklan lowongan pekerjaan yang tertulis di koran Tribun Sulsel pada tanggal 31 Agustus 2020.

Saya menyelesaikan studi S1 di Fakultas Ekonomi – Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, tahun 2020. Pekerjaan terakhir saya sebagai marketing di PT Dji Samsoe, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi rokok. Sebelumnya saya bekerja di PT Sampoerna tbk, sebagai kepala bagian selama kurang lebih dua tahun dan di PT Gudang Garam sebagai marketing selama tiga tahun.

Saya sangat tertarik dengan posisi kerja sebagai marketing sehingga dalam setiap kesempatan saya berniat untuk meningkatkan kemampuan di dalam diri saya sehingga bisa menjadi pekerja yang lebih baik lagi. Saya sudah memperkenalkan diri melalui ketrampilan yang saya miliki mulai dari ketrampilan dalam mengoperasikan komputer baik software ataupun hardware. Selain saya bisa bekerja di perkantoran, saya juga mengenal tentang design grafik dan cara pengolahan grafik.

Saya merupakan pribadi yang bisa beradaptasi dengan mudah terlebih dalam menyesuaikan budaya organisasi. Saya juga bisa menyesuaikan diri dengan teman satu tim untuk bisa mencapai target lebih baik dari sebelumnya.

Pada saat kuliah, saya selalu aktif dan ikut serta dalam melakukan kegiatan kemahasiswaan. Organisasi kampus yang pernah saya ikuti adalah forum lintas wacana dan juga forum kreatif bakat dengan menduduki jabatan sebagai sekretaris.

Saya merasa yakin dengan kombinasi pengalaman saya dan pendidikan sekiranya saya bisa menguntungkan perusahaan Anda. Rasa antusiasme yang tinggi dalam melakukan berbagai kegiatan di luar akademik sudah memberikan pelajaran terbaik dalam meningkatkan kepemimpinan karena keterampilan komunikasi yang saya miliki sangat baik. Selain melampirkan resume saya juga melampirkan beberapa sertifikat untuk referensi.

Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan supaya bisa berbicara dengan bapak atau ibu pimpinan dalam waktu dekat dan menjelaskan mengapa saya calon yang kompatibel untuk posisi tersebut.


Hormat saya,



Siti Rachmawati Jihan


0 Response to "Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel